Stories

Indahnya tersembunyi, Pantai Koka

Tidak selamanya yang indah itu mudah didapatkan loh, seperti perjuangan menempuh jalan kaki 2.5 Km dari jalan utama menuju bibir pantai Koka. Setiap perjalanan yang membutuhkan usaha yang luar biasa, hasilnya pun membahagiakan. Walau nampak dari pinggiran jalan utama palang penunjuknya sudah berkarat, jalannya rusak, tapi keindahannya itu loh…wow…

edit 9

Typical pantai di NTT yang tidak terjamah dari eksploitasi pihak yang mencari “keuntungan semata”, keindahannya masih terjaga. Tapi kalau tidak dikelola, pantai itu akan selalu tersembunyi, tidak akan menjadi nyaman, infrastruktur jalan tidak perbaiki atau membuat seseorang tidak betah berleha-leha lebih lama disana. Pelancong akan merasa lelah sebelum menikmatinya, tapi..kembali lagi ke tipe anda sebagai “pleasure seekers”.

IMG_0122 edit

How to get there? Pantai Koka berada di kawasan Kabupaten Sikka, di Kec. Paga, dekat sekali dari gapura perbatasan Kab. Sikka dan Ende. Saya mengemudi dari Ende menempuh perjalanan 2 jam estimasi 60 Km/jam. Tujuan ke Pantai ini sebenarnya sudah sangat lama, tapi berlibur sendiri itu tidak asik, kawan! tidak ada yg bisa dijadikan objek penderita sebagai korban pemegang kamera hehehhehe, tidak ada teman ngobrol <- hal utama nih.

Sejauh 2.5 Km sebenarnya tidaklah terasa sangat memberatkan bagi saya, apalagi disuguhi pemandangan indah seperti gambar dibawah ini…

edit 15

edit 16

Jalan-jalan kali ini saya bareng teman-teman Flobamora Community. Kami awalnya berencana melancong ke Maumere sehari sebelumnya, namun terkendala oleh kerjaan saya yang tak terduga, kami pun sepakat bertemu di Pantai keesokan harinya.

edit 17

Kami pun bertemu di jalan utama, tampaknya perjalanan mereka sangat letih, padahal jarak ke Maumere itu hanya 40 Km, jika kutempuh bisa hanya 1 jam saja. Sebagian masih tampak layu karena mabuk darat, belum makan siang pula, berjalan sejauh ini di siang hari pula. xixixixix Rolling on the floor laughing

edit 10

ki-ka : Saya, Imelda, Tuteh (tengah), Etchon, Yudith…ex : Fauwzya, Eddie, Nando

Beberapa blogger yang pernah kesini dan menceritakan pantai ini di blog mereka, mengatakan “Mobil tidak dapat menjangkau pantai, jadi parkir mobil anda di tepian jalan utama”…Sekali lagi saya katakan, kalau belum menapaki jalannya, kita belum bisa tahu kan…nyatanya, mobil bisa masuk kok sampai daerah berpasir tapi tipe mobilnya harus yang ketinggian dari tanah mumpuni, cocok untuk tipe mobil SUV, tidak direkomendasikan APV, atau minibus lainnya. Bagaimana dengan saya? karena kunjungan pertama, saya titiplah kendaraan di halaman parkir warga sekitar.

edit 11

Pantai pasir putih ini didominasi batuan karang, pantai yang membentuk mirip tanjung, memungkinkan kita menatap dua sisi pantai. Satunya tampak kalem dengan paduan warna hijau dan birunya laut, disisi lain, gundukan bebatuan karang dan terumbu.

edit 12

edit 13

IMG_0115

Mentari semakin bersemangat menutup hari yang indah itu, walau tadi siang sebagian awan tampak mendung, hingga sore hari pun masih bersinar terang. Tak lengkap rasanya jika ke pantai tidak menceburkan diri, terhempas ombak, menghangatkan diri dibalutan pasir putih, menikmati indahnya terumbu karang tanpa harus jauh dari bibir pantai. Ku tunggu matahari terbenam tapi tak kutunggu hingga tuntas, area pantai semakin sunyi, sebagian teman sudah pulang lebih dulu sejak siang.

edit 14

Keren yah…jadikanlah pantai ini bagian dari agenda perjalanan liburan anda, tak akan menyesal mengunjunginya lagi. Oh iya, jangan buang sampah sembarang lah di pantai…sampai ketemu di jalan-jalan berikutnya Open-mouthed smile

Leave a comment

CommentLuv badge

Get Adobe Flash player