Stories

Torang so tiba di Manado, Sulawesi Utara

Itulah kenapa Manado dijuluki daerah nyiur melambai, sesaat saya sadari hamparan pohon kelapa menghiasi pemandangan dari atas pesawat yang membawaku dari Makassar disiang hari yang terik.  Puncak gunung yang menjorok ditengah lautan didekat Manado adalah Pulau Manado Tua. Walau cuaca beberapa hari sebelumnya sangat buruk, bahkan dikabarkan pelayaran dari dan ke Manado untuk sementara ditutup, kini nampak beberapa riak ombak yang terbelah dari kapal-kapal yang mulai beroperasi dan meninggalkan dermaga.

Ini kali pertama saya menginjakkan kaki di Manado, alasannya sederhana bertepatan cuti dan rencana kegiatan berbagi buku di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Bukan pula beban bagi saya membawa sekoli buku bacaan anak sekolah dasar. Membawanya memberikan kesan bangga. Saya terlibat sebagai relawan dari kegiatan Bakti Bagi Negeri. Sejak masa sekolah, saya bercita-cita ingin membangun perpustakaan pribadi dan bisa diakses gratis anak-anak disekitar, namun tidak semudah itu kawan!. Itulah mengapa, saya harus memulainya dulu dari kegiatan nyata, menjadi relawan mulai saat ini, agar saya bisa banyak belajar.

Menjelang matahari yang segera akan meninggalkan secercah cahaya memerah dilangit, tak kala saya duduk dipinggir pantai Malalayang yang berjarak sekitar 5 Km dari pusat kota Manado. Deretan kedai penjaja gorengan, orang Manado menyebutnya pisang goreng Cpatu yang digoreng menyerupai pisang kipas ditemani sambal dabu-dabu roa. Sangat pedas untuk ukuran lidah saya.

Menuju kota, saya menyempatkan singgah sebentar di pusat perbelanjaan. Deretan kursi disetiap kafe dan resto berjumlah banyak dan tampak penuh pengunjung. Kata teman saya, masyarakat Manado lebih menyukai makan diluar kalau malam hari, bisa dipastikan memasak dirumah hanya untuk santapan siang saja.

Besok pagi saya akan meninggalkan Kota Manado dan berlayar menuju Kabupaten Kepulauan Sangihe :D.

Map Location

Comments To This Entry.
  1. Meity Mutiara September 26, 2013 Reply

    Wah… cita2ku tuh pengen bikin perpustakaan!

Leave a comment

CommentLuv badge

Get Adobe Flash player