Stories

Virus blog disebar melalui Pelatihan, Nobar & Diskusi

Sudah lama rasanya tidak bercerita tentang serunya ngeblog. Hingga suatu pagi dihari Sabtu pun terealisasi. Tuteh yang konon Ketua Blogger NTT mengajak saya kopdar dua malam sebelumnya. Seperti undangan biasanya disebutkan maksud dan tujuannya. Tahu kan, betapa sibuknya diriku bahkan 24 jam pun kurang karena waktu untuk tidur saja harus terpakai 8-10 jam sehari. Jika mau mengajak saya untuk sekadar membuang-buang waktu kudu jelas justifikasimu. 😀

Undangannya menyebutkan bahwa akan dilaksanakan pelatihan blog. Sentak saya berdiri ketika membaca sms malam itu, dan sesaat kemudian mengepalkan tinju kearah langit tanda semangat yang menggebu-gebu (ahhh…lebay).

Pelatihan blog kali ini merangkul mahasiswa di Ende yang tergabung di komunitas Akademi Merdeka. Saya bingung, zaman yang sudah merdeka ini masih ada saja yang belum merasa merdeka. Mungkin persepsi saya yang salah yah…Ahh…sudahlah!. Tuteh juga tergabung di komunitas tersebut dan mengkolaborasikan dengan misi Flobamora Community aka Komunitas Blogger NTT untuk memajukan NTT. Mulai benar perangai Ibu peri satu ini.

Sebagai sesosok pria yang banyak diharapkan kehadirannya oleh banyak wanita *tsah* saya tidak tinggal diam saudara-saudara. Agar kegiatan yang positif ini berjalan lancar, saya pun turut turun tangan demi mencerdaskan kehidupan bangsa *tsah*.

Jumat sore, saya pinjam kunci aula kantor, pinjam proyektor, pinjam karpet, pinjam ekstender cable, pinjam speaker, dan satu lagi pinjam sapu. Tahukan kamu, cuma hatimu yang tidak bisa dipinjam *focus…focus*. Sore itu ajaib, dua founder komunitas blogger NTT yang twitternya @tuteh dan @ilhamhimawan duet maut menyapu aula dengan sangat cekatan. Wajarlah yah, untuk urusan seperti ini mereka memang bisa dibilang terdidik dan terlatih.

Bertempat di Aula Telkom Ende digelar event Pelatihan Blog, Nonton bareng film dokumenter Linimassa, dan Diskusi tentang etika berinternet. Kegiatan seperti ini memang rutin diadakan oleh Komunitas Blogger NTT seperti di sekolah-sekolah, pesantren, tempat ibadah, universitas hingga menjangkau komunitas masyarakat penggiat UKM.

Salah satu founder Blogger NTT – Tuteh Pharmantara mengajarkan blog

Kok tumben pelatihan blognya di area Telkom. Jadi ceritanya, teknologi wifi.ID besutan Telkom Indonesia Wifi itu sudah ada di Ende walaupun baru ada satu access point yang katanya tahun 2013 ini bakalan tersebar 1 juta access point se Indonesia. Menurut sebagian peserta pelatihan, koneksi wifi.ID sangat memuaskan aktivitas mereka selama acara berlangsung dari pukul 09.00 hingga 17.00, dan harganya pun reasonable. *paragraph ini adalah kalimat mengandung unsur promosi* 😀

Pelatihan blog bukanlah kegiatan luar biasa jika dibandingkan di kota besar lainnya diluar NTT, namun di NTT ini masih menjadi alternatif baru dalam memanfaatkan internet dan social media, terbukti antusias peserta pelatihan hingga event berakhir.

Sesi berikutnya adalah pemutaran film documenter Linimassa merupakan film yang menceritakan pengaruh positif social media yang bisa dimanfaatkan sebagai media kampanye gerakan-gerakan social. Hal ini berguna untuk mengarahkan para pemula untuk lebih bijak dalam penggunaan media internet. Bahwa media internet bisa dijadikan lahan bisnis yang menguntungkan disisi lain bisa menjerumuskan seseorang ke dalam penjara. Film ini telah menjadi bahan ajar dalam kurikulum sekolah-sekolah di Negara Australia. Komunitas Blogger NTT pun terpilih sebagai salah satu dari lima film documenter terpilih untuk Linimassa 3 yang akan segera diproduksi, berkat kampanye #1MugBeras via twitter  yang merupakan upaya nyata penggalangan bantuan bagi ribuan korban letusan Gunung #Rokatenda tanpa perlu menanti sorotan kamera dari Jakarta. Hebat yah mereka!

Suasana pembelajaran di aula Telkom Ende

Tidak terasa event dari jam 9 pagi hingga 5 sore pun berakhir dengan penjelasan Tuteh selama 5 jam non stop katanya. Saya sih ndak yakin!. Kemudian dilanjutkan makan siang. Saya akui kehebatan Tuteh dalam urusan makan dan masih belum bisa saya tandingin dengan harapan bisa menaikkan bobot tubuh lebih segera #modus. Thanks Fauwzya dengan es buahnya di siang hari itu, bagai peluruh buah kedondong di kerongkongan siang itu. Seger banget!, dan kawan-kawan blogger NTT yang hadir dan tidak dapat saya sebutkan satu persatu *tsah*

Seiring dengan semangat Telkom dalam memasyarakatkan internet dan semangat blogger di NTT menyebarkan ilmu berinternet. Dari kegiatan ini, saya berharap Telkom di Ende bisa menjadi mitra terbaik sebagai penyedia media pembelajaran bagi masyarakat khususnya di NTT kedepannya, terutama sebagai usulan dalam membentuk Broadband Learning Center (BLC) di Flores, khususnya di Ende. Jadi, kawan-kawan blogger NTT akan semakin mudah menyebarkan virus ngeblog jika fasilitasnya mumpuni. Amin, semoga harapan mulia ini terkabul. Mewakili komunitas Blogger NTT saya mengucapkan terimakasih atas kerjasama Tim Telkom Ende atas bantuannya dalam penyediaan aula dan media lainnya.

Comments To This Entry.
  1. tuteh September 19, 2013 Reply

    Bruakakaka *ngakak dulu* saya di kantor sampe dipelototin baca postingan ini 😀 keren, keren, Ilham Himawan. Saya suka gaya bertuturnya hahaha… Maju terus FC untuk #NTTCerdas, dan terima kasih Telkom Ende yang telah memfasilitasi hehehe… Saslam!

  2. tuteh September 19, 2013 Reply

    *pake kaca mata kuda* foto saya di sini terlihat langsing yak? 😀
    tuteh´s last blog post ..Cerita dari Kamp Pengungsi

    • ilhamhimawan September 19, 2013 Reply

      @Tuteh : wuih, rekayasa gambar saudara-saudara 😀

  3. indobrad October 30, 2013 Reply

    hati memang ndak bisa dipinjam, tapi bodohnya kita sering lengah hingga kecurian #eh
    indobrad´s last blog post ..Memburu Rahmat di Welahan

Leave a comment

CommentLuv badge

Get Adobe Flash player